Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan,- Buah lemon merupakan salah satu jenis buah jeruk yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Buah lemon bisa dikonsumsi sebagai minuman atau jus segar maupun sebagai pelengkap hidangan untuk menambahkan rasa segar dan asam.  Buah lemon mempunyai ciri-ciri antara lain asam, berair dan mempunyai aroma khas jeruk pada umumnya . Ciri-ciri fisik lainnya, buah lemon mempunyai  ukuran yang lebih kecil dibandingkan jeruk sitrus lainnya serta dengan kulit yang lebih tipis.

Sejarah Buah Lemon

Dalam bahasa ilmiah, buah lemon disebut juga Citrus Limon. Buah lemon berasal dari Cina dan India, dekat Himalaya. Buah ini deperkenalkan pertama kali di eropa oleh bangsa Arab pada abad ke-12. Bahkan merunurut bangsa Asia Selatan dan Asia Tenggara, buah lemon dijadikan sebagai obat penawar racun.

Penanaman buah lemon terbesar pertama kali di Eropa bermula di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Buah lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1493, ketika itu Christopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalanan. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji buah lemon. Buah lemon sering digunakan sebagai perhiasan dan obat. Pada abad ke-18 dan 19, buah lemon semakin banyak ditanam di wilayah Florida dan California, ketika itu buah lemon mulai digunakan dalam masakan dan perisa.

Uji coba James Lind tahun 1747 pada pelaut yang menderita penyakit skurvi melibatkan penambahan vitamin C dalam diet mereka dengan jus lemon.

Jalur etimologi kata lemon berasal dari Timur Tengah. Salah satu sebutan paling awal “lemon” dijumpai dalam dokumen Inggris Tengah antara tahun 1420-1421, kemudian lemon muncul pada Perancis Lama, limone (Itali), laymūn atau limun (Arab), dan līmūn (Parsi).

Jenis-Jenis Buah Lemon

• Lemon Lokal
Buah lemon lokal merupakan jenis buah lemon yang memiliki warna kulit hijau, namun berbeda dengan buah jeruk nipis yang memiliki bentuk bulat. Buah lemon lokal memiliki bentuk lebih lonjong, rasa daging buahnya masam, serta kulit buahnya tipis. Kandungan vitamin C di dalam buah lemon lokal sangatlah tinggi, sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi.

• Lemon Amerika
Jenis buah lemon yang satu ini banyak ditemukan di pasar swalayan. Bentuknya yang lonjong dengan ukuran besar tentu sangat menarik dipandang. Apalagi dengan warna kulitnya yang kuning, yang membedakannya dengan buah lemon lokal yang memiliki warna hijau. Selain itu kulit buahnya lebih tebal, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai perasa lemon dalam masakan.

• Lemon Australia
Jenis buah lemon ini hampir menyerupai buah lemon Amerika, buah lemon Australia juga memiliki warna kulit kuning mengkilat cantik, dengan ukuran yang besar. Namun aromanya lebih harum dan khas lemon. Rasanya manis masam segar.

• Lemon Jari Budha
Dari sekian jenis buah lemon unggul, buah lemon jari budha merupakan jenis paling menarik. Jika buah lemon lain berbentuk lonjong, buah lemon jari budha memiliki bentuk layaknya seperti tangan manusia dengan jari. Jari-jari tersebut merupakan kulit yang menebal. Hampir tidak terkandung buah di dalamnya. Apabila ditemukan daging buah, presentasenya sangat sedikit dan rasanya sangat masam. Rasa kulit lemon jari budha sangat getir. Namun dibalik ketidaknikmatan rasa buahnya, terdapat banyak manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Lemon

Buah lemon mengandung banyak vitamin, mineral dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa senyawa tanaman yang terdapat di buah lemon diantaranya seperti Asam Sitrat, Hesperidin, Diosmin, Eriocitrindan d-Limonene. Berikut beberapa kandungan nutrisi lainnya dalam buah lemon pada setiap 100 gramnya (3,5oz).

Jenis NutrisiKandunganAKG%
Kalori29 kal
Karbohidrat9,3g
Air89%
Protein1,1g
Gula2,5g
Serat2,8g
Lemak0,3g
Vitamin A1µg0%
Vitamin C53mg59%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,15mg1%
Vitamin K0µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,04mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,02mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,1mg1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,19mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,08mg6%
Vitamin B9 (Folat)11µg3%
Vitamin B120µg
Cholin5,1mg1%
Kalsium26mg3%
Zat Besi0,6mg8%
Magnesium8mg2%
Fosfor16mg2%
Potassium (Kalium)138mg3%
Sodium2mg0%
Seng (Zinc)0,06mg1%
Tembaga (Copper)0,04mg4%
Manganese0,03mg1%
Selenium0,4µg1%

Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaatnya, buah lemon bisa langsung dikonsumsi atau dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. Berikut beberapa manfaat buah lemon lainnya bagi kesehatan:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
    Buah lemon mengandung vitamin C dengan jumlah yang tinggi dan flavonoid. Flavanoid merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah lemon juga terlihat berpotensi memiliki sifat antikanker. Namun data ini masih perlu diteliti lebih lanjut.
  • Menjaga kesehatan jantung
    Buah lemon juga kaya akan vitamin C. Menurut penelitian, mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C diduga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi buah lemon ditambah dengan olahraga, dapat membantu mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.
  • Menghilangkan ketombe
    Caranya campurkan satu gelas air dengan satu sendok teh buah lemon untuk menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala, diamkan selama 2 menit, dan cuci hingga bersih.
  • Membantu penyerapan zat besi 
    Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan menambah perasan buah lemon. Dengan begitu zat besi di dalam makanan tersebut akan lebih mudah terserap oleh tubuh. Zat besi penting bagi kesehatan tubuh karena kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan berpengaruh buruk bagi kesehatan.
  • Menurunkan risiko stroke iskemik
    Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi buah sitrus, seperti buah lemon, dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik. Walau belum diketahui apa alasan pastinya, tidak ada salahnya jika memasukkan lemon ke dalam menu makanan.
  • Mengangkat sel kulit mati
    Dengan mencampurkan perasan buah lemon dan gula, maka akan mendapatkan ramuan alami untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh dan wajah.
  • Mencegah batu ginjal
    Mengonsumsi 1/2 cangkir jus lemon tiap hari diduga dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh penderitanya. Semua ini berkat kandungan asam sitrat di dalam buah lemon yang dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat lemon sebagai pencegahan penyakit batu ginjal.
  • Menurunkan Berat Badan
    Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Journey of Clinical Biochemistry and Nutrition menunjukan bahwa kandungan antioksidan dari pelifenol yang terkandung dalam buah lemon ternyata dapat menurunkan berat badan dengan baik. Selain itu, kandungan pada buah lemon juga meresistensi insulin meningkat dengan baik.
  • Mengurangi Demam
    Selain mengobati masalah penyakit, mengkonsumsi air dari buah lemon juga dapat membantu meredakan flu dan pilek yang disebabkan oleh peningkatan keringat dan membantu menurunkan demam.

Post By : Bewara Sehat

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*