Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Maag

Maag merupakan gejala penyakit yang sering menyerang area lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung sehingga menyebabkan terjadinya sakit, mulas, dan perih pada perut.

Sakit maag yang sering kambuh tentu sangat mengganggu aktivitas. Apalagi, jika Anda harus lebih ketat menyeleksi makanan Anda sehari-hari agar gejalanya tidak semakin parah. Berikut informasi lengkap seputar rekomendasi dan pantangan makanan untuk penderita maag.

7 Pantangan Makanan dan Minuman Bagi Penderita Maag

1. Daging Berlemak Tinggi

Daging berlemak tinggi diantaranya adalah kambing, domba, sapi, dll. Kandungan lemak didalamnya dapat bertahan lama di perut dan meningkatkan kemungkinan refluks asam, kondisi asam lambung naik ke kerongkongan.

2. Makanan Pedas

Menurut laman yang dilansir dari Health, Tim McCashland, MD, seorang spesialis pencernaan dari University of Nebraska Medical Center di Omaha, makanan pedas dapat memicu iritasi pada kerongkongan dan usus besar, hingga bahkan memperparah gejala maag kronis.

Hindari juga mengkonsumsi rempah-rempah, termasuk bawang putih atau bawang merah yang juga bisa menyebabkan perut semakin sensitif.

3. Makanan Tinggi Gula

Bukan hanya untuk penderita maag saja, makanan tinggi gula sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Makanan yang mengandung gula tinggi dapat mengakibatkan lambung mengalami luka dan iritasi. Diantaranya seperti roti, kue kering, kue tart, coklat, dan minuman manis.

4. Gorengan

Setiap makanan yang digoreng umumnya memiliki efek yang berbahaya bagi penderita maag, apalagi yang sudah kronis. Gorengan mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan asam lambung dan iritasi.

Selain dapat memicu sakit yang luar biasa pada perut, kandungan lemak di gorengan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh yang lain.

5. Kafein

Bagi pecinta kopi rupanya harus mengurangi kebiasaan yang satu ini. Mengonsumsi kopi atau teh setiap hari dapat mengganggu kesehatan pada lambung. Kandungan kafein didalamnya dapat meningkatkan asam lambung. Jika asam lambung meningkat, pasti akan merasa nyeri di perut yang luar biasa.

6. Minuman Bersoda

Salah satu minuman yang harus hindari oleh penderita maag yaitu minuman bersoda. Karena minuman bersoda akan menghasilkan banyak gas yang dapat membuat perut terasa kembung.

7. Minuman Beralkohol

Ada beberapa jenis minuman beralkohol yang mengandung asam tinggi. Kandungannya dapat menyebabkan asam lambung naik dan perut akan terasa nyeri dan melilit. Bahkan kalau tidak segera ditangani, tubuh akan terasa sangat lemas dan dehidrasi. 

Post By : Bewara Sehat

Tinggalkan komentar

Konsultasi Via WhatsApp