Bahayanya Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat (miliaria) adalah kelainan kulit yang sering muncul khususnya di negara tropis, dan sering terjadi pada anak-anak. Biang keringat terjadi karena tersumbatnya kelenjar keringat sehingga menimbulkan bintil merah dan gatal pada kulit.

Biang keringat umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi jika pada kasus yang berat tak jarang memerlukan perawatan medis. Pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan cara membuat kulitnya agar tetap sejuk dan dingin serta mencegah agar tidak berkeringat terus.

Bahaya Penyakit Biang Keringat Pada Bayi

Meskipun bukan termasuk dalam kategori penyakit yang serius, tetapi biang keringat pada bayi juga perlu diwaspadai. Kondisi ini membuat bayi tidak merasa nyaman, karena menimbulkan rasa gatal dan kulit terasa panas sehingga membuat bayi menjadi rewel dan pola makannya pun terganggu.

Pada sebagian kasus, kepanasan membuat tubuh tidak bisa mengatur dan menurunkan suhu tubuhnya sendiri, sehingga akan mengalami serangan panas (heatstroke). Kepanasan pada bayi juga dapat menyebabkan kondisi yang serius seperti kematian bayi mendadak.

Jika dibiarkan saja, biang keringat pada bayi akan semakin parah sehingga menimbulkan infeksi. Gejala infeksi yang sering terjadi seperti demam, menggigil, serta keluar nanah dari bintil-bintil merah tersebut. Gejala lain dari infeksi biang keringat adalah bengkak, lecet, rasa nyeri, berkudis, dan pembesaran kelenjar getah bening pada ketiak, leher, maupun selangkangan.

Post By : Bewara Sehat

Tinggalkan komentar

Konsultasi Via WhatsApp