Alasan Penderita Hipertensi Harus Berolahraga

Alasan Penderita Hipertensi Harus Berolahraga,- Selain dengan mengubah pola makan yang sehat, sebaiknya Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga yang rutin agar tekanan darah yang tinggi bisa terkendali. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, sehingga tekanan darah pun bisa terkontrol.

Olahraga dapat meningkatkan kebugaran jantung, sehingga darah akan terpompa tanpa harus dipaksa bekerja keras. Artinya, detak jantung pun akan lebih teratur dan rendah. Ketika jantung bekerja lebih efisien, sirkulasi darah yang keluar-masuk dari jantung pun akan lebih lancar. Hal ini dapat menjaga fleksibilitas pembuluh darah untuk menurunkan dan menstabilkan tekanan darah.

Pada dasarnya, setiap aktivitas fisik yang dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan Anda dianggap sebagai olahraga yang baik untuk hipertensi. Contoh olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengendalikan tekanan darah, diantaranya:

  • Jalan kaki
  • Jogging
  • Naik turun tangga
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Menari

Seberapa sering olahraga yang dibutuhkan untuk hipertensi?

Sebaiknya Anda melakukan olahraga dengan intensitas sedang (seperti jalan ditempat dan berenang). Selama kurang lebih 150 menit dalam seminggu. Umumnya, Anda bisa berolahraga selama kurang lebih 30 menit setiap hari, artinya minimal Anda berolahraga dalam seminggu sebanyak 3-5 hari. Jika Anda ingin melakukan olahraga yang berintensitas tinggi seperti berlari, Anda bisa melakukannya sekitar 75 menit per minggu. Waktu ini bisa Anda gunakan secara teratur setiap harinya.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggabungkan keduanya. Jadi, Anda harus mengusahakan setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu melakukan olahraga intensitas sedang yang diselangi dengan intensitas tinggi.

Jika dalam pekerjaan Anda lebih banyak duduk, usahakan untuk bergerak meskipun hanya sekedar berdiri maupun berjalan sebentar setiap beberapa jam sekali. Selain itu, Anda juga sesekali perlu melakukan aktivitas rumah tangga sendiri agar lebih efektif, seperti menyapu, mengepel lantai, memotong rumput, berkebun, dll.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*